Kewirausahaan Bab 10 Membangun Visi dan Misi Usaha

Bab 10 : Membangun Visi Dan Misi Usaha

A. Visi dan Misi
         Perbedaan antara orang sukses dan orang gagal adalah bahwa mereka yang gagal tidak atau belum mempunyai visi dan misi, hal-hal yang diingikan, dan tujuannya.      Sementara itu orang yang berhasiltelah mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan dan yang telah dicapainya. Jadi semua orang membutuhkan visi dan misi dalam meraih tujuan, dan keiinginannya.

   1. Tentang Visi
           Visi adalah angan-angan atau imajinasi seseorang tentang usaha atau bisnis atau diri mereka suatu saat nanti.
           Visi yang ideal harus bersifat:
       a. Sederhana (simple), agar mudah dipahamidan dimengeti. Sehingga mudah dipahami dan terlalu rumit, visi Anda akan menjadi sebuah angan-angan tanpa jiwa.
       b. Terukur (measurable), jika visi tidak sesuai dengan kondisi dan situasi, visi akan berubah menjadi fiksi, sebuah khayalan semu yang mustahil untuk diwujudkan.
       c. Terjangkau (reachable), jika visi terukur, sederhana tetapi tidak mungkin bisa diwujudkan, visi tersebut tidak ideal untuk Anda, meskipun mungkin ideal bagi orng lain
visi jugan mengadung unsur pokok, yaitu alasan kuat untuk mengambangkan bisnis Anda di masa mendatang.
       d. Beralasan (reasonable)
       e. Ambisius
       f. Periode waktu (time frame), Sebuah visi dengan target waktu yang jelas akan memudahkan tingkat ketercapaian visi tersebut.
       g. Bersifat strategis (strategic), Visi yang tidak bersifat strategis tidak akan berdampak besar bagi usaha Anda. Sifat strategisyang dimaksud adalah:
           1. Bisa menjadi tujuan untuk bersaing.          2. Ada unsur pembeda yang lain.
           3. Bisa menjadi motivator.
           4. Unik dan berbeda.
        h. Hubungan yang jelas antara keadaan saat ini dan dengan yang akan datang
         i. Perspektif kondisi Anda saatini ke masa mendatang
         j. Komunikatif. Jika visi tidak dapat dikomunikasikan atau terlalu rumit, yang akan mengerti visi Anda atau usaha Anda hanya Anda sendiri.

    2. Tentang Misi
            Secara sederhana, misi adalah bagaimana cara Anda mewujudkan sebuah visi. Dalam misi selalu terkandung hal-hal berikut:
       a. Tujuan dan alasan  keberadaan suatu organisasi
        b. Tindakan dan langkah-langkah ang harus dilakukan
        c. Alasan bisnis Anda harus berkembang
        d. Cara mewujudkan tujuan Anda

               Jadi, misi adalah usaha, pemikiran, dan langkah-langkah untuk mewujudkan sebuah visi.

      Unsur-unsur pokok sebuah misi sebagai berikut:
    a. Kiat dan usaha untuk mewujudkan visi.
    b. Nilai-nilai dasar organisasi yang dinyatakan dalam misi organisasi.
    c. Segmen pasar dan pelanggan.
    d. Pernyataan tentang produk atau jasa yang dimasuki (dijualnya).
    e. Keyakinan yang kuat.
    f. Pernyataan strategis jangka panjang dan jangka pendek.

        Misi akan efektif bila bersifat:
     a. Ringkas, jelas, mudah dipahami, gampang diingat
     b. Unik.
     c. Fleksibel agar sesuai dengan perkembangan   zaman.
     d. Membantu dalam pengambilan keputusan.
     e. Budaya perusahaan
     f. Memberikan inspirasi

B. Langkah-Langkah Menyusun Visi dan Misi Usaha
          Seorang wirausaha harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk:
      1. Mengambil keputusan dan mengelola resiko
      2. Memutuskan untuk menjadi wirausaha yang mandiri
      3. Menumbuhkan sifat pantang menyerah
      4. Mengelola konflik menjadi konflik yang bersifat positif
      5. Mengetahui visi, misi serta merencanakan strategi yang akan dirumuskan.

Komentar

  1. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya Artikel tentang Perbedaan Visi dan Misi, semoga dapat saling melengkapi

    Perbedaan Visi dan Misi (lengkap dengan Contoh) - MARKIJAR.Com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Menentukan Kalor Yang Hilang Dalam Proses Pertukaran Kalor”

nama alat-alat medis

Makalah teori ernestine