Pentingnya Peta Sebagai Alat Komunikasi Perencanaan di Indonesia

Pentingnya Peta Sebagai Alat Komunikasi Perencanaan di Indonesia
Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan ukuran skala tertentu.Peta menggambarkan seluruh bentuk kenampakan alam yang ada di permukaan bumi, baik penampakan asli maupun penampakan buatan.
Peta merupakan sumber informasi permukaan bumi yang berisi tentang gambaran posisi, elevasi, dan ciri suatu daerah. Peta sangat berguna dalam merencanakan sebuah kota. Masyarakat dapat mengetahui bagaimana perencanan sebuah kawasan tersebut dan masyarakat ikut berperan aktif dalam perencanaan maupun pembangunan. Agar ketika sebuah wilayah yang telah direncanakan pada akhirnya jadi, tidak ada keresahan masyarakat atas apa yang telah direncanakan. Selain itu masyarakat pada akhirnya dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan fungsi lahan yang ada sesuai dengan tempatnya yang sudah direncanakan. Hal ini akan membuat masyarakat di sekitar tersebut menjadi lebih sejahtera.
Oleh karena itu peta dapat menjadi alat komunikasi dalam perencanaan wilayah dan kota dan biasanya dilakukan untuk pendekatan kepada masyarakat tentang sebuah rencana yang telah di buat oleh seorang planner, jika kita tidak bisa berkomunikasi dengan baik, bagaimana kita bisa menjadi seorang planner yang dapat meyakinkan masyarakat bahwa rencana kita terhadap suatu kota akan terwujud ? jadi dalam bidang perencanaan wilayah dan kota komunikasi tidak hanya di butuhkan untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat tetapi juga dilakukan untuk presentasi tentang suatu konsep perencanaan yang akan dilakukan. Yang diharapkan bisa diterima oleh masyarakat.
Pada umumnya permasalah perencanaan pembangunan di suatu daerah terhambat karena banyak alasan, biasanya karena masyarakat yang berada di sekitar daerah tersebut  tidak mengetahui apa yang akan di bangun di daerah tersebut. Apabila masyarakat tidak mengetahui apa yang akan dibangun,maka itu akan menghambat perencanaan pembangunan,. Apalagi masyarakat didaerah tersebut memiliki pengetahuan yang kurang. Maka sebagai seorang planner harus memperlihatkan dan menjelaskan peta perencanaa pembangunan di daerah tersebut kepada masyarakat dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti dan di pahami oleh masyarakat. Saat masyarakat sudah memahami perencanaan pembangunan apa di daerah tersebut, masyarakat dapat berperan dalam perencanaan pembangunan yang akan dilakukan.

Keterkaitan Peta dengan Bentuk Negara Indonesia sebagai Negara Republik dan Kepulauan
Negara Indonesia memiliki banyak pulau baik yang kecil maupun besar dan memiliki lautan yang luas,sehingga Negara Indonesia di sebut negara kepulauan. Kaitan peta dengan Negara Indonesia yang merupakan Negara republic dan kepulauan adalah mengambarkan permukaan bumi yaitu pulau-pulau yang merupakan milik dari Indonesia. Sehingga peta sangat penting sebagai pembatas wilayah, agar tidak terjadi kecurangan dalam kepemilikan wilayah atau daerah.

Tantangan yang dihadapi  dalam Penyediaan Peta Perencanaan
Apabila perencanaan pembangunan tidak disertai dengan peta, maka dalam proses pembangunan akan terhambat, karena peta merupakan suatu bentuk perencanaan pembangunan yang akan menjadikan patokan dalam melakukan perencanaan.


Kesimpulan
Dari semua argumentasi diatas saya menyimpulkan bahwa Peta penting sebagai alat komunikasi dalam perencanaan wilayah dan kota untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat tentang sebuah rencana yang telah di buat oleh seorang planner. . Kaitan peta dengan Negara Indonesia yang merupakan Negara republic dan kepulauan adalah mengambarkan permukaan bumi yaitu pulau-pulau yang merupakan milik dari Indonesia dengan menetapkan batas-batas wilayah. Sehingga peyediaan peta dalam perencanaan pembangunan dibutuhkan untuk menjadi patokan dalam melakukan perencanaan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pembangunan yang dilakukan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Menentukan Kalor Yang Hilang Dalam Proses Pertukaran Kalor”

nama alat-alat medis

Makalah teori ernestine